Rabu, 01 Januari 2014

Ikan-ikan Transparan

Ada banyak artikel tentang ikan-ikan transparan yang di tulis beberapa sumber. Tentu kalian sudah pernah membacanya, bahkan ada juga ikan transparan di Indonesia lho. Saya akan menyatukan beberapa sumber tulisan tentang ikan-ikan transparan, dari yang transparannya hanya kepala saja, tubuh saja, bahkan yang trasnparan seluruhnya.

Ini dia….

1.  Ikan Aneh Punya Kepala Transparan

Sebuah video terbaru dari National Geographic baru saja mengungkap spesies ikan bernama Macropinna microstoma yang memiliki kepala transparan.




Seperti dilansir Odditycentral (20/11), ikan yang ditemukan di Central Coast, California oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute (MABRI) memang memiliki kepala transparan dan hanya terisi cairan bening saja.


Sedangkan dua tonjolan berwarna hijau di dalam kepalanya merupakan mata yang digunakan ikan ini untuk berburu mangsa.
Mata yang besar tersebut digunakan ikan yang juga dikenal dengan nama Barreleye ini untuk memburu mangsa berupa plankton dan juga untuk mendapatkan visualisasi maksimal di habitatnya yang berada di laut dalam dengan kedalaman 2.000 hingga 2.600 kaki di bawah permukaan laut.
Spesies ini sebenarnya pernah ditemukan pada tahun 1939, namun ketika itu ikan ini sudah dalam keadaan mati dan ikut terangkat di jaring nelayan ikan. Namun dengan adanya video ini baru diketahui bagaimana ikan Macropinna microstoma yang hidup di habitat aslinya. 
2.    Ikan Transparan

AMAZON – Belum lama ini tim peneliti menemukan spesies ikan baru di Rio Negro yang merupakan anak sungai Amazon, Amerika Serikat (AS).
Dilansir Mongabay, Rabu (3/4/2013), ikan ini diberi nama spesies Cyanogaster noctivaga memiliki arti pengembara malam biru-bellied.




Dalam publikasinya di jurnal Exploration of Freshwaters, dikatakan ikan Cyanogaster ini juga termasuk hewan noktural.
Ikan ini memiliki keunikan yakni memiliki tubuh transparan dari bagian perut hingga ekornya. Sedangkan, pada kepalanya terdapat campuran warna biru, oranye, dan merah.
Dengan memiliki panjang tubuh 0,66 inci atau sekira 17 milimeter, membuatnya menjadi salah satu hewan vertebrata terkecil di dunia.
“Ini adalah hewan kecil yang unik, karena benar-benar transparan dengan pola warna yang unik,” jelas seorang ahli ikan (ichthyologist) di London Natural History Museum, Ralf Britz.
Tim peneliti berpendapat bahwa karena keadaan tubuhnya yang transparan dan kecil, ikan ini tidak terdeteksi keberadaannya selama beberapa dekade. 

     3.    Ikan Bertubuh Transparan

            Pernah nggak lihat ikan dengan tubuh Transparan? Pastinya jarang atau                           mungkin tidak pernah sama sekali, jadi agar nggak ketinggalan informasi atau                 ketinggalan berita, mari kita akan bahas 'Ikan Transparan', benar ngga sih ada  ikan Transparan? memang sangat tidak masuk akal, tetapi inilah buktinya.




Percaya atau tidak ikan ini benar-benar ada, dan memang Allah sudah menciptakan berbagai Makhluk yang tidak pernah manusia duga, ternyata ada ikan dengan tubuh transparan, dan menjadi pelajaran tuga untuk menusia untuk menelitinya serta dapat menambah pengetahuan dan ilmu bagi sekalian umat manusia yang ada di muka bumi ini.
selain ikan tubuh transparan, juga ada ikan kepala transparan, namanya itu ikan Barreley yang sangat mengejutkan juga, katanya ikan ini ditemukan sudah lama sejak tahun 1939 dan pastinya telah memberikan manfaat luar biasa untuk semuanya.

Sumber:
unik247.blogspot.com
Merdeka.com
Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar