Kamis, 27 Februari 2014

Bagaimana akhirnya saya kuliah di program study Penerbitan?


Penerbitan (Jurnalistik) ? kata dalam kurung ini membuat saya tertarik tanpa memerdulikan kata di depannya.  Jurnalistik identik dengan wartawan, wartawan tak akan jauh-jauh dari kegiatan menulis dan juga memotret. Hal ini yang membuat saya mendaftarkan diri kuliah di jurusan teknik Grafika dan Penerbitan, program studi Penerbitan (Jurnalistik).

Kembali hadir dalam benak untuk mewujudkan keinginan sejak SMP yaitu memperdalam ilmu ‘wartawan.’ Alhamdulillah diberi kesempatan untuk itu semua, saya di terima untuk kuliah di Politeknik Negri Jakarta, yang dulu saya masih mengenalnya dengan sebutan POLTEK UI.

Tak semudah yang saya bayangkan. Pekerjaan seorang wartawan memang membutuhkan skill yang mumpuni, terlebih lagi harus kuat fisik. Pertama kali liputan harus pulang tengah malam, tak perduli wanita atau pria, pekerjaan Jurnalis memang tak kenal waktu.

Baru menjadi seorang mahasiswi dari program studi yang di’kurung’kan itu saja sudah merasa capek, lelah ! apalagi kalau bekerja? Semua pekerjaan memang mempunyai resiko masing-masing, tak terkecuali seorang Jurnalis. Tak jarang kita mendengar seorang Jurnalis dari media massa ini meninggal saat sedang bertugas di lapangan. Ya! Itu memang salah satu resikonya!

Keinginan untuk terjun langsung menjadi Jurnalis Muda pun tercapai. Pertanyaan-pertanyaan yang selalu hadir sejak SMP, kini terjawab sudah.

Tugasku sekarang hanyalah menyelesaikan kuliah ini dengan baik dan menjadi apa yang memang seharusnya terjadi. Sulit memang! Tetapi siapa tahu apa yang akan terjadi nanti? Menjadi seorang jurnalis ataupun bukan, setidaknya saya bisa merasakan pengalaman-pengalaman yang sudah saya dapat di bangku kuliah ini.

Karena tak hanya mata kuliah Jurnalistik yang saya dapatkan. Masih ada kata ‘Penerbitan’ dalam nama jurusan. Dari semester satu sampai sekarang naik ke semester empat, hanya semester empat-lah yang banyak mempelajari tentang dunia Penerbitan. Pengetahuan yang bisa menambah wawasan bagi setiap mahasiswa yang sungguh-sungguh mempelajarinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar