Senin, 09 Desember 2013

Pemahaman Peran Opini dalam Surat Kabar


            Sudah kita ketahui bersama, bahwa ada bermacam-macam opini dalam surat kabar, yaitu Tajuk Rencana, Karikatur, Pojok, dan Artikel. Semuanya berperan penting untuk menjadikan suatu surat kabar lebih bervariasi dalam menampilkan opini-opini publik yang beraneka ragam. Saya akan menjelaskan sedikit tentang pemahaman saya terhadap opini dalam surat kabar.
1.    Tajuk Rencana
Tajuk Rencana merupakan sikap atau pandangan surat kabar atas berita yang sedang fenomenal dan aktual yang berkembang di masyarakat. Pendapat ini berkaitan tentang masalah menarik atau berarti penting bagi pembaca, misalnya baru, aneh, luar biasa, pertentangan. Tentang masalah menarik atau berarti penting bagi pembaca juga berkaitan dengan rasa aman, rasa sehat, rasa cinta, kematian, aktivitas produktif, profesi atau pekerjaan.
Karena merupakan suara lembaga, maka tajuk rencana tidak ditulis dengan mencantumkan nama penulisnya, seperti halnya menulis berita atau features. Jadi, tajuk rencana adalah pekerjaan dan hasil dari pemikiran kolektif dari segenap awak media. Jadi, sebelum membuat tajuk rencana, terlebih dahulu diadakan rapat redaksi yang dihadiri oleh pemimpin redaksi, redaktur pelaksana serta segenap jajaran redaktur yang berkompeten untuk menentukan sikap bersama terhadap suatu permasalahan krusial yang sedang berkembang di masyarakat atau dalam kebijakan pemerintahan.
Setelah tercapai pokok- pokok pikiran, dituangkanlah dalam sikap yang kemudian dirangkum oleh awak redaksi yang telah ditunjuk dalam rapat. Dalam Koran harian, bisanya tajuk rencana ditulis secara bergantian, namun semangat isinya tetap mecerminkan suara bersama setiap jajaran redakturnya. Dalam proses ini reporter amat jarang dilibatkan, karena dinilai dari segi pengalaman serta tanggung jawabnya yang terbatas.
2.    Karikatur
Menurut saya, Karikatur mempunyai sisi menarik yang memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan media komunikasi yang lain. Karikatur bisa lahir dan selalu muncul dari peristiwa-peristiwa politik yang paling menentukan nasib suatu bangsa. Namun, justru ia melukiskannya dengan sangat ringan seraya bergurau dan memperoloknya. Ketertarikan seseorang terhadap karikatur dibandingkan dengan media yang lain juga dikarenakan simbol-simbol tertentu dalam karikatur yang menyebabkan kelucuan, selain itu isi karikatur di media massa menceritakan kehidupan sehari-hari. Keabadian dari kartun disebabkan kartun senantiasa tampil sebagai sebuah media yang bersahaja. Ia bisa dibaca oleh siapa saja, dari segala umur dan kalangan, dan yang paling penting adalah sifatnya yang menarik dan menghibur.
3.    Pojok
Rubrik lain yang menarik perhatian saya adalah pojok. Pojok berawal dari kenyataan hidup sehari-hari. Struktur pojok meliputi baris pertama yang berisi kalimat topik/pokok pikiran dan baris kedua yang berisi kalimat tanggapan atau komentar. Dalam komentar tentu saja dapat sejalan dengan dengan topic atau sebaliknya.
4.    Artikel
Artikel mempunyai 2 jenis. Yang pertama yaitu artikel kolom. Ciri dari artikel kolom adalah memberikan berita-berita yang sedang hangat dibicarakan masyarakat atau bisa disebut aktual. Keakuratan fakta dan pembaruan berita sangat di pentingkan dalam hal menulis artikel kolom.
Dalam penulisan, suatu berita yang gembar belum tentu mempunyai efek yang luas bagi banyak orang. Sebaiknya jika Anda ingin menulis sebuah artikel kolom, Anda di sarankan untuk mencari atau mengambil topik yang sekiranya berdampak bagi berbagai kalangan masyarakat. Contohnya, ketika pemerintah ingin menaikan harga BBM, seperti yang sering di bicarakan akhir-akhir ini. Namun dalam artikel kolom ini, sebaiknya tidak membahas data-data dengan jelas atau detail.
Yang kedua adalah artikel-populer non-jenis. Biasanya terdapat pada majalah yang terbitnya bisa seminggu hingga dua bulanan. Karena artikel yang di muat dalam majalah biasanya bukan berupa berita yang aktual, tetapi lebih dalam unsur Tips ataupun khasiat-khasiat yang terkandung di dalam berbagai jenis makanan ataupun buah.
Info yang di hadirkan dalam artikel ini juga mempunyai dampak yang terbatas. Menurut saya, yang hanya bisa mendapatkan peran penting dalam isi artikel tersebut hanya kalangan-kalangan yang sama dengan jenis majalah yang memuatnya. Dan disini data-data detail sekalipun, memang seharusnya di beritahu ke pembaca.
  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar