Selasa, 30 Desember 2014

RESENSI MERAIH DERAJAT AHLI IBADAH


Judul Buku:                     Meraih Derajat Ahli Ibadah
Penulis:                              Al-Imam Abu Hamid Al-Ghazali
Dialihbahasakan oleh: K.H.R. Abdullah bin Nuh
Tahun Terbit:                 2014, cetakan I
Penerbit:                           Mizan
Kategori Buku:             Agama


Al-Imam Abu Hamid Al-Ghazali merupakan seorang ulama, ahli pikir, ahli filsafat Islam yang terkemuka yang banyak memberi sumbangan bagi perkembangan kemajuan manusia. Puluhan buku karya Al-Ghazali membuktikan kecerdasan dan keluasan ilmu beliau. Kali ini bukunya yang berjudul Meraih Derajat Ahli Ibadah
(ringkasan Minhaj Al-Abidin) telah dialihbahasakan oleh K.H.R. Abdullah bin Nuh.
                Meraih derajat ahli ibadah memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak tanjakan-tanjakan tantangan yang harus dihadapi. Karena setan tak akan mudah putus asa untuk tetap menggoda setiap makhluk di muka bumi ini. Kita harus melawan rintangan-rintangan itu, sebab jika tidak, kita tak dapat mengerjakan ibadah dengan semestinya. Di dalam buku ini dijelaskan kita harus menempuh empat syarat yaitu menghindari dunia, menjauhi makhluk, memerangi setan dan menekan hawa nafsu.

                Dari keempat syarat tersebut tentu kita semua mengetahuinya bahwa yang paling sulit adalah menekan hawa nafsu. Sebab, tidak dapat dihilangkan dan ditekan begitu saja. Tidak dapat diperangi seperti setan. Karena bagi manusia, nafsu itu sebagai kendaraan atau alat. Dan, nafsu itu selamanya tidak setuju pada ibadah. Sebab, nafsu itu cenderung pada yang buruk-buruk saja sampai orang menjadi lupa kepada Allah satu-satunya cara menekan hawa nafsu yaitu harus dikekang dengan kendali takwa kepada Allah.
                Berbuat baiklah dan jauhkan diri dari dosa. Karena dengan kebaikan, Anda bisa mendapat taufik dalam beribadah. Dan sebab dosa-dosa tersebut yang akan menghambat ibadah kita. Belajar dan terus berusaha yang ditekankan di sini.
           Buku ini sangat bagus di baca oleh muslim dan muslimah, bahasa yang digunakannya pun tidak bertele-tele, pas dan tepat di hati. Siapapun yang telah membaca buku karangan Al-Ghazali ini pasti berpikir dan ingin meneguhkan tekad untuk meraih derajat ahli ibadah yang sangat diharapkan oleh setiap manusia.
               



Tidak ada komentar:

Posting Komentar