Rabu, 19 November 2014

RESENSI STEAL LIKE AN ARTIST




Judul Buku:     Steal Like an Artist
Penulis:            Austin Kleon
Tahun Terbit:   2014, cetakan II
Penerbit:          Noura Books
Kategori Buku: Non-Fiksi

Buku ini untukmu. Siapa pun kamu, di bidang apa pun kamu berkarya.
Austin Kleon adalah penulis dan seniman. Dalam bukunya Steal Like An Artist, ia memaparkan bahwa tidak ada ide yang benar-benar murni. Seperti diungkapkan oleh Pablo Picasso “Semua karya seni adalah hasil pencurian”. Namun, pencurian yang seperti apa? Buku ini sama sekali tidak mengajarkan teknik-teknik mencuri, melainkan bagaimana kamu mencuri hal-hal yang bisa menginspirasi atau mematik imajinasimu.
Seniman yang baik menyadari bahwa tak ada yang muncul tiba-tiba. Semua kreasi berasal dari sesuatu yang pernah ada.

Austin Kleon mengibaratkan silsilah ide dengan silsilah keluarga dalam ilmu genetika. Kamu punya Ayah dan Ibu. Ada beberapa ciri fisikmu yang mirip mereka, tetapi karaktermu sendiri lebih banyak. Kamu adalah paduan orang tua dan semua leluhurmu. Demikian juga dengan silsilah ide. Kamu tak bisa memilih keluarga, tetapi bisa menentukan guru, teman, dan musik yang kamu dengarkan, juga buku bacaan dan film yang kamu tonton. Kamu adalah leburan pilihan yang kamu terima dalam hidup. Kamu adalah paduan pengaruh. “Kita dibentuk dan dipoles oleh hal yang kita cintai”~ Goethe.
Lalu, bagaimana mencuri yang baik? Mencuri-lah seperti seorang seniman. Seorang seniman adalah seorang kolektor yang sangat selektif. Mereka hanya mengumpulkan yang benar-benar mereka sukai. Demikian juga ide. Ide yang kamu peroleh bergantung kepada hal-hal di sekitarmu. Itu sebabnya kamu perlu memperhatikan apa yang kamu baca, lihat, dan dengar.
Tugasmu sekarang hanya menghimpun gagasan bagus. Semakin banyak ide keren yang kamu kumpulkan, semakin banyak pengaruh yang bisa kamu pilih. Mengoleksi  ide-ide kreatif tidak ada salahnya, bukan? Jangan lupa mencatatnya di buku kecil karena suatu saat bila kau membacanya lagi, ide tersebut akan semakin matang. Ada baiknya kamu memilih satu tokoh yang kamu suka dan ambil ilmu-ilmunya. Kenali tokoh tersebut dan temukan pula apa yang tokoh Anda sukai.
Jangan lupa, selalu belajar. Belajar bukan ketika hanya kamu sekolah.
“Sekolah itu satu hal. Pendidikan lain lagi. Keduanya tidak selalu beriringan. Bersekolah atau tidak, belajar selalu menjadi tugasmu.”
Jadi, bagaimana belajar yang baik? Ini kata Kleon “Rasa ingin tahu adalah kuncinya.” Perhatikan berbagai hal. Buru semua referensi dan telusuri lebih dalam dibandingkan siapapun. Dan, teruslah membaca.

Nah, gimana pendapat kalian? Keren banget kan buku ini. Sederhananya, mencuri ide ala seniman adalah penting dan teruslah belajar, mengisi otakmu dengan hal-hal positif, dan juga banyak membaca. Bacaan adalah aset yang berharga, yang membuka jalan bagi ide-ide yang awalnya tertutup serupa dengan musik, film, yang kamu dengar dan tonton. Pengalaman hidup juga memberikan sumbangan bagi munculnya ide-ide kreatif.


Buku ini layak dibaca siapa saja. Untuk kalian yang karyanya masih terhenti. Ini saatnya menghidupkannya kembali J selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar