Senin, 09 Desember 2013

Bukti Konkret Pentingnya Pendidikan dalam Kehidupan


           
Foto by: google.com
            
Sering kita mendapati seseorang bahkan lebih yang berkomentar atau menanyakan, Apa sih pentingnya pendidikan? Kenapa kita harus mencari tahu hal-hal baru? Apa penting memperluas wawasan kita? Jawaban atas pertanyaan tersebut ada pada diri kita masing-masing. Silahkan tanya pada hati kecil kalian, Apa yang akan kalian peroleh bila kalian semua mempunyai pendidikan atau wawasan yang lebih luas dibanding dengan teman sebelah Anda? Kalian bisa rasakan sendiri.
            Contohnya saja, jika kita melihat orang besar berbicara, akan terasa dalam cara mereka berbicara dan pendapat yang mereka kemukakan. Ini adalah reaksi alami untuk melimpahkan perasaan kagum dan hormat kepada mereka. Oleh karena itu sangat mudah untuk menyimpulkan bahwa pendidikan mengarah pada keberhasilan. Tapi itu tidak semua. Pentingnya pendidikan di masyarakat saat ini berjalan lebih dalam dari sekedar keberhasilan dalam hal duniawi.
           Pendidikan melepaskan kita dari tuntutan pikiran kita dan memaksa kita untuk memikirkan suatu hal. Hal ini membuat kita sadar akan hak-hak kita di masyarakat, sehingga kita mempunyai kekuatan untuk tidak di perbudak, baik dengan pikiran ataupun tindakan.
            Pendidikan bisa membuka pikiran kita dan juga membuat kita berwawasan luas. Tak ada pembatasan untuk memperoleh pengetahuan. Kita bisa mengetahui budaya-budaya yang berbeda atau peristiwa yang terjadi di ujung dunia sekalipun. Pikiran telah memperluas pikiran kita, sehingga kita tidak terbatas pada Negara kita saja atau zona tertentu lagi. Kita bisa mengekplorasi tentang hal-hal baru di berbagai belahan dunia. Belajar mempelajari budaya yang berbeda tidak hanya menambah kosa kata kita, tetapi juga menanamkan dalam diri kita sifat manusiawi.
            Pendidikan menanamkan pengetahuan, dimana kita bisa menemukan hal yang belum pernah ada atau bisa disebut penelitian yang dapat memajukan masyarakat dan diterapkan bahkan di manfaatkan. Semakin baik kualitas, orang-orang dapat pula membuat perubahan yang mengarah pada penelitian dan pengembangan.
            Pentingnya pendidikan sebagai sebuah konsep yaitu dengan cara menanamkan hal-hal positif sejak anak usia dini. Mereka perlu diberitahu bahwa pengetahuan itu tidak berarti pengetahuan atau hanya mengenal buku dan tulisan atau hafalan dan juga berhitung, tetapi memegang makna lebih dalam dari itu. Pendidikan yang tinggi menyediakan visi yang lebih jelas dari segala hal, membuat tujuan seseorang lebih jelas dan membuat orang lebih mudah menerima perubahan. Itu membuat orang bisa menanamkan dalam dirinya kemampuan untuk berpikir dan bertanya.
            Pendidikan tidak terbatas hanya kita dapatkan pada buku dan duduk di dalam kelas. Pendidikan jasmani juga mempunyai peranan penting dalam pendidikan kita, karena membuat badan kita sehat sehingga pikiran kita pun bisa mencari pengetahuan yang lebih baik pula. Ini adalah tugas kita untuk menanamkan pentingnya pendidikan pada anak-anak. Pendidikan berarti berkembang dari seorang individu untuk menjadi manusia yang utuh, bukan hanya menjalani hidup.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar