Rabu, 11 Desember 2013

Media Massa Cetak Masih Dibutuhkan


Foto by: google.com

Media cetak merupakan bagian dari media massa yang digunakan dalam penyuluhan. Media cetak mempunyai karakteristik yang penting. Media massa membantu penerimaan informasi untuk mengatur masukan informasi tersebut. Lebih jauh lagi media cetak dapat di seleksi oleh pembacanya secara mudah di bandingkan dengan berita melalui radio dan televise.
            Media cetak di Negara ini memiliki peranan-peranan besar yang mampu membentuk satu masyarakat Negara yang berkualitas. Sumbangan utama media cetak di Negara ini ialah media cetak menjadi sumber maklumat kepada masyarakat kita. Setiap hari media cetak menyiarkan pelbagai perkara yang berlaku di Negara ini dan semua berita atau maklumat ini menjadikan masyarakan kita mengetahui semua perkara yang berlaku, sedang, atau bakal berlaku di Negara ini.

           
ISI (PEMBAHASAN)
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat, telah melahirkan beragam bentuk media massa yang semakin canggih pula. Berbagai kelemahan media cetak yang dikenal sebelumnya, telah ditutupu dan diatasi dengan berbagai bentuk media massa elektronik yang lebih provokatif dan massif.
Belakangan, perkembangan internet yang pesat bahkan telah menjadi pendorong lahirnya beragam bentuk media online. Melalui blog atau situs, muncul media pemberitaan yang tak kalah massifnya di bandingkan media televisi. Blog atau situs bahkan telah menjadi media alternative dalam menyebarkan informasi secara lebih cepat tanpa tergantung atau terbatas masalah waktu dan tempat.
Mengamati media massa dari masa ke masa memang menarik. Awalnya kita memang mengenal media massa dalam bentuk media cetak. Sebelum mesin cetak ditemukan, media cetak dibuat secara manual dan disebarkan dalam bentuk pengumuman yang ditempelkan di berbagai tempat strategis agar mudah dilihat dan di baca orang.
Media cetak yang dibuat dalam bentuk yang sangat sederhana ini juga dilakukan dunia advertising kuno dalam menyebarluaskan informasi tentang suatu produk. Bahkan menurut sejarahnya, media massa sebagai bentuk media yang menyebarkan berbagai berita dan informasi juga berkembang karena pengaruh dunia periklanan tersebut.
Namun setelah ditemukannya mesin cetak, media massa cetak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media yang dikenal sebagai Koran atau surat kabar merupakan produk atau hasil revolusi industry  untuk memenuhi rasa ingin tau masyarakat tentang berbagai peristiwa yang ada dilingkungannya. Bahkan media cetak menjadi sarana berbagai informasi antar suatu komunitas maupun antara masyarakat di berbagai wilayah.

Namun seiring berjalannya waktu, kelemahan media cetak sangat dari lambat dan lamanya proses pengejaran yang di lakukannya. Baik dari proses pengumpulan berita maupun informasi, tahap seleksi dan pengolahannya, hingga proses cetaknya. Padahal berita dan informasi berkembang semakin cepat.
Masih di butuhkan
Selain itu, media cetak juga kurang mampu menjangkau masyarakat yang berada di wilayah yang lebih luas. Masalah jarak, tempat maupun kendala waktu merupakan kelemahan media cetak yang paling mendasar.

Apalagi setelah berkembangnya internet dimana berita dan informasi mampu disajikan secara real time, lebih murah, namun mampu menjangkau sasaran pembaca lebih luas, media cetak di rasakan semakin banyak kelemahan.
Meskipun banyak kelemahan, media cetak juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan media elektronik, televisi maupun media online. Hal ini  terutama berhubungan dengan kebiasaan membaca masyarakat yang ingin mengulang pada saat yang lain tanpa repot mengakses internet. Dengan kebiasaan ini, maka media cetak juga masih dirasakan sebagai kebutuhan.
Karena itulah minat orang atau masyarakat terhadap media cetak tidak berkurang meski stasiun televise mampu menyiarkan berita dalam waktu yang lebih cepat.
Media cetak juga masih menjadi sumber informasi penting masyarakat  media cetak juga menjadi kekuatannya bila di bandingkan dengan media informasi lainnya yang lebih canggih.

KESIMPULAN
            Media massa baik cetak ataupun elektronik sesungguhnya merupakan alat yang sangat ampuh untuk mempengaruhi sekaligus mengubah opini public, melalui media massa pula segala lingkup ruang dan waktu. Segala bentuk peristiwa yang terjadi di  dunia dalam waktu singkat sudah dapat kita ketahui.
            Terlebih lagi kemajuan tecnologi informasi global telah membawa kita pada kemudahan dalam mengakses semua informasi, sebagai pengguna media massa kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjadikan media massa semakin mendidik  dan bukan malah sebaliknya. Fungsi dari media massa sendiri sebagai pencerahan pengetahuan bagi masyarakat serta dapat di manfaatkan sebagai ruang berbicara system politik guna membahas berbagai masalah yang menyangkut kemasyarakatan, dan media massa sendiri tidak hanya menjadi hiburan saja bagi masyarakat tapi juga dapat dipergunakan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.
        

DAFTAR PUSTAKA
bukupendidikanterbaik-azman-duniaku.blogspot.com/2007/08/media-cetak-dan-peranannya.html  ,
diktat Pengantar Teknologi Grafika


Tidak ada komentar:

Posting Komentar